Tips & Tutorial

Tutorial Lengkap Membuat Website Sendiri 2020 – Mudah di Praktekan

Apakah anda sedang mencari informasi bagaimana cara membuat website  ? Selamat anda telah menemukan artikel yang tepat karena pada artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat website dengan mudah dan bisa anda praktekkan sendiri.

Jika anda ingin membuat website sendiri, anda tidak perlu menguasai coding yang begitu rumit karena dijaman sekarang banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website.

Platform yang bisa digunakan untuk membuat website:

  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
  • Prestashop
  • Bootstrap
  • Magento
  • Opencart
  • Dll

Selain platform diatas masih banyak platform lainnya yang bisa anda gunakan dalam pembuatan website, namun tidak akan dibahas kali ini.

Pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah cara membuat website dengan platform wordpress.

Alasan saya lebih menyukai dan lebih memilih membahas artikel ini dengan menggunakan wordpress karena di platform ini lebih mudah dalam hal pembuatan, optimasi (SEO) serta lebih banyak plugin yang tersedia baik plugin yang gratisan ataupun yang berbayar oleh karena itu wordpresslebih disukai oleh banyak orang .

Berikut ini tahapan membuat website:

Tentukan Hosting dan Domain

Pada langkah pertama ini anda harus menentukan nama domain dan hosting apa yang akan anda pakai

Apa itu Hosting

Hostng adalah layanan/tempat  dimana anda akan menyimpan file website anda yang berupa gambar, coding, data dll hoting juga yang menentukan apakah website anda bisa diakses atau tidak, lambat atau tidak.

Saat ini banyak penyedia jasa hosting yang bagus di Indonesia maupun luar negeri yang menawarkan promo promo menarik dengan spek hosting yang cukup tinggi namun dengan harga murah.

Contoh penyedia hosting di Indonesia yang terkenal adalah Niagahoster, Domainesia, Jetorbit, Rumahweb, Hostinger, Jagoanhosting dan masih banyak lagi penyedia hosting Indonesia.

Hosting luar negeri seperti Hawkhost, Namecheap, SiteGround, FastComet dan masih banyak lagi lagi jika anda browsing di Internet.

Silahkan anda tentukan sendiri pilihan hosting yang menurut anda bagus, jika anda masih pemula, anda bisa memilih hosting dengan spesifikasi paling kecil, Saya contohkan anda membeli hosting di Niagahoster, anda bisa pilih yang paling murah yaitu Hosting ” Bayi” untuk menghemat pengeluaran, namun jika suatu saat website anda sudah mempunyai banyak traffik, anda bisa mengupgrade hosting ke spek yang lebih besar.

Jika anda sudah membeli hosting, selanjutnya anda membeli domain

Apa itu Domain

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan untuk mempermudah dalam mengingatnya daripada menggunakan (internet protocol) IP, hal ini sangat berguna bagi pengunjung untuk mengunjungi dan mengingat nama website anda

Anda bisa membeli domain di penyedia domain dan hosting seperti yang telah disebutkan diatas, biasanya para penyedia hosting tidak hanya menyediakan hosting tapi juga menyediakan nama domain.

Jika sudah mendapatkan domain dan hosting selanjutnya adalah Menginstall WordPress

Install dan Setting WordPress

Anda bisa login ke Hosting anda dengan cara mengetikkan domain anda ditambah /cpanel, contoh http://namadomainanda.com/cpanel, setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah.

Username dan password bisa anda isi dengan username dan password yang telah dibaerikan oleh penyedia jasa, kemudian klik login

dan akan tampil seperti gambar dibawah ini, Mohon maaf, ada beberapa yang saya samarkan.

Ada 2 cara untuk menginstall wordpress, yang pertama adalah dengan cara langsung menggunakan Softaculous Installer Pada Cpanel, sedangkan untuk cara install yang kedua tidak akan dibahas dalam artikel ini.

Scroll kebawah pada Cpanel dan anda akan menemukan Softaculous Installer seperti gambar dibawah

Klik WordPress seperti yang telah saya lingkari, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah kemudian Klik Install Now

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah

Ikuti seperti instruksi saya setelah itu klik Install, website anda sudah terinstall wordpress dan anda bisa cek apaha website anda sudah online atau belum buka website anda di browser baru, jika anda ingin login ke WP Area anda bisa login dengan cara https://domainanda.com/wp-admin lalu login dengan username dan password yang telah anda buat.

Namun tamplate yang disediakan gratis oleh wordpress adalah tamplate yang sederhana, jika anda menginginkan tamplate yang premium dan dan terlihat profesional untuk sebuah perusahaan, anda bisa menggunakan Jasa pembuatan website DUTAWEB.

Kami akan membuatkan website yang profesional dengan full kustomasi untuk website yang profesional seperti Company profil, Toko Online Premium dll.

Buat Permalink

Setelah website anda sudah online, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi website anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat permalink yang tidak terlalu panjang, Secara default, struktur permalink wordpress berupa tanggal serta nama URL, Contohnya seperti di bawah ini.

https://dutaweb/2020/03/10/judul-postingan

Anda perlu menggantinya agar lebih ringkas seperti

https://dutawebjudul-postingan

Cara mengaturnya dengan cara masuk ke Menu Setting > Permalinks > kemudian klik Post name kemudian klik Save Changes

Install Plugin SEO

Inilah salah satu keuntungan membuat website menggunakan wordpress, tersedia banyak plugin untuk mengoptimasi website yang anda miliki, salah satunya adalah Plugin SEO, Plugin SEO apa yang bagus untuk website ?

Saya merekomendasikan 2 Plugin SEO yaitu Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Pada 2 plugin tersebut saya lebih memilih Yoast SEO karena mempunyai fitur yang lebih lengkap jika dibanding All in One SEO Pack, bahkan di versi premiumnya anda akan mendapat fitus yang lebih banyak lagi seperti fitur Redirect dll.

Plugin SEO memudahkan anda untuk mengoptimasi sebuah post atau page website anda.

Gambar dibawah ini adalah contoh mengatur Title dan deskripsi untuk artikel ini.

 

Pasang Analytics

Analytics berfungsi untuk mengetahui statistik website anda, banyak yang jenis analytics yang bisa anda gunakan seperti Google analytics, Jetpack atau Histats, kalau.

dari 3 Tools analytics diatas berfungsi untuk memahami visitors website anda, keyword apa yang mereka cari, berapa view post atau halaman yang ada di website kita.

Pasang Google Webmaster

Google webmaster berfungsi untuk banyak informasi penting seperti search appearance, search traffic, google index, crawl, security issue dan hal lainnya yang sangat berguna bagi anda untuk kebutuhan optimasi website.

pemasangan google webmaster cukup mudah, Silahkan kunjungi Situs Google webmaster lalu daftarkan situs anda.

Anda juga bisa mensubmit setiap selesai membuat artikel baru di google webmaster, gunanaya untuk membuat artikel yang baru kita buat supaya cepat terindex di mesin pencarian google, selain google webmaster, anda jga perlu memasang webmaster lainnya seperti bing webmaster supaya website anda benar benar teroptimasi.

Kesimpulan

Anda sudah bisa membuat website sendiri, memang ketika baru memulai pasti masih akan sedikit bingung, tapi jangan kawatir, jika anda sedang membuat website baru dan mengalami kebingungan, Silahkan chat kami, kami akan berusaha membantu membuat website pertama anda.

Jika anda tidak ingin ribet membuat website sendiri dan ingin membuat website dengan tampilan profesional, Toko online dll, anda juga bisa menghubungi kami untuk membuatkan website yang yang anda inginkan, kami siap melayani anda dengan sepenuh hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *